Sabtu, 24 Juli 2021

View Dusun Butuh di Gunung Sumbing Disebut Netizen Mirip di Jepang

Pemandangan barisan rumah di perbukitan kaki gunung bikin siapapun pasti terkagum-kagum dan disebut-sebut mirip view di Jepang

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Dusun Butuh, Gunung Sumbing. (Instagram/@ipxcex)
Dusun Butuh, Gunung Sumbing. (Instagram/@ipxcex)

Guideku.com - Gunung Sumbing jadi sorotan usai diunggah @dagelan, keindahan pemandangannya disebut-sebut mirip view kaki gunung di Himalaya Nepal. Dan tidak sedikit pula yang menyebut mirip pemandangan di Jepang hingga unggahan tersebut dilihat 1 juta viewer.

Gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang; Kabupaten Temanggung; dan Kabupaten Wonosobo.

Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo. Jalan ini biasa dijuluki sebagai "Kledung Pass".

Jalur pendakian Gunung Sumbing paling populer adalah melewati Dusun Butuh. Pemandangan barisan rumah di perbukitan kaki gunung bikin siapapun pasti terkagum-kagum dan disebut-sebut mirip pemandangan Himalaya di Nepal. 

Belum lama diunggah, netizen pun memberikan pujian keindahan pemandangan kaki gunung Sumbing.

"Jepangnya indonesia nih," tulis akun @zellar_30.

"Ku kira ini di Jepang atau di Himalaya ternyata di Magelang, kereeeeen," tulis akun @mulya_tisri18.

Dusun Butuh, Gunung Sumbing. (Instagram/@ipxcex)
Dusun Butuh, Gunung Sumbing. (Instagram/@ipxcex)

Apalagi letak Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro saling berhadapan. Banyak disebut oleh masyarakat bahwa gunung Sumbing-Sindoro adalah gunung kembar layaknya gunung Merapi-Merbabu. Tinggi yang tidak jauh berbeda, dan juga kondisi alam gunung yang juga hampir sama. Namun bagi para pendaki Gunung Sumbing memiliki trek yang lebih berat daripada Gunung Sindoro dikarenakan gradien kemiringan yang terjal dan rute yang lebih panjang.

Nah untuk kamu yang sudah tidak sabar ingin melihat pemandangan tersebut, Gunung Sumbing sudah membuka kembali jalur pendakian via Garung, mulai Sabtu (1/8/2020). 

Melihat akun Instagram resmi basecamp Gunung Sumbing via Garung @basecampsumbing, pembukaan ini berdasarkan Surat Rekomendasi Uji Coba Penerapan Protokol Kesehatan dari Pemerintah Kabupaten Wonosobo Nomor 556/476 tanggal 14 Juli 2020.

Selain itu juga berdasarkan simulasi protokol kesehatan yang telah dilaksanakan pada 3 Juli 2020. Sejak 1 Agustus 2020 pendakian gunung Sumbing via Garung resmi dibuka untuk pendakian uji coba di masa new normal , tulis pengumuman tersebut.

Terkait

Terkini