Rabu, 21 Oktober 2020

Menyedihkan, Sebelum Dibuka Kondisi Gunung Gede Dipenuhi Sampah Berserakan

Potret miris Gunung Gede dipenuhi sampah ini buat warganet geram.

Silfa Humairah | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi sampah. (Unsplash)
Ilustrasi sampah. (Unsplash)

Guideku.com - Keindahan Gunung Gede di Jawa Barat, menjadi sebuah daya tarik tersendiri khususnya bagi orang-orang yang memiliki kegemaran bertualang dan mendaki. 

Masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, beberapa waktu lalu spot pendakian tersebut sempat ditutup akibat adanya pandemi COVID-19. Namun belakangan, beredar kabar bahwa kawasan tersebut sudah kembali dibuka.

Rencananya, jalur pendakian Gunung Gede kabarnya telah dibuka secara resmi sejak sehari yang lalu, yakni Selasa (25/8/2020) kemarin.

Namun, rupanya pemandangan kurang mengenakan tampak tersaji di kawasan Gunung Gede pada tanggal 20 Agustus 2020 lalu.

Ya, kondisi kawasan Gunung Gede dalam foto yang dibagikan salah satu pengguna Twitter tersebut dipenuhi dengan sampah.

Muncul dugaan kuat, sampah-sampah berserakan itu ditimbulkan oleh mereka yang berkunjung untuk menikmati liburan di Gunung Gede.

"Belum dibuka resmi, inilah penampakan Gunung Gede, 20 Agustus 2020, catatan: Gunung Gede buka resmi 25 Agustus 2020," tulis akun Twitter @pendakilawas, dikutip Suara.com, Rabu (26/8/2020).

 Penuh Sampah! Belum Dibuka Resmi, Kondisi Gunung Gede Ini Bikin Sedih. (Twitter/@pendakilawas)
Penuh Sampah! Belum Dibuka Resmi, Kondisi Gunung Gede Ini Bikin Sedih. (Twitter/@pendakilawas)

Mirisnya lagi, sampah-sampah plastik dan kertas yang berserakam itu terlihat sampai menutupi tanah serta pepohonan di kawasan Gunung Gede.

Tentu saja, ulah pengunjung yang tak bertanggung jawab dan membuang sampah sembarangan ini membuat warganet geram bukan main.

Mereka bahkan memberikan berbagai tanggapan mengenai foto sampah bertebaran di Gunung Gede itu melalui kolom komentar.

"Seharusnya yang kayak gini pas sampai bawah diperiksa lagi sama petugas, ada bawa sampah atau nggak. Kalau semisal nggak bawa sampah ya jemput balik lah ke atas. Sumpah gedeg banget sama pendaki yang nggak jaga lingkungan," sebut salah seorang warganet.

"Kayaknya gunung-gunung sekarang harus tiru aturan Gunung Sindoro Sumbing, Barang bawaan sama sampah harus sama dan dilist, kalau ada yang kurang harus ada sanksi fisik atau tertulis," imbuh warganet lain.

"Percuma mas, aturan ketat tapi kalau orangnya tetap ngeyel gimana? Harusnya sih kesadaran yang perlu ditingkatin ya," timpal warganet lainnya.

"Alah gatel sama pecinta alam yang caper, berangkat Instastory, makan Instastory. Niat jadi pecinta alam apa pecinta followers, gengsi kok dituhankan, moral not found," protes warganet lain.

Hingga artikel ini ditulis, pemandangan sampah berserakan di Gunung Gede yang diduga akibat ulah para pengunjung tak bertanggungjawab tersebut telah viral dan mendapatkan setidaknya 2 ribu likes dari warganet.

Terkait

Terkini