Rabu, 21 Oktober 2020

Promo Liburan Bertebaran, Haruskah Langsung Pesan Tiket Sekarang?

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan pahami sebelum memutuskan membeli paket liburan yang menawarkan tiket murah.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi tetap menggunakan masker saat liburan. (Pixabay/Engin Akyurt)
Ilustrasi tetap menggunakan masker saat liburan. (Pixabay/Engin Akyurt)

Guideku.com - Banyak orang rindu liburan. Namun, selama pandemi Covid-19, sulit rasanya untuk mengetahui apakah benar-benar aman untuk bepergian. Di sisi lain, beragam promo liburan yang menawarkan tiket murah malah berseliweran. Menggoda banget, kan?

Dilansir dari Huffpost, menurut aplikasi pemesanan perjalanan Hopper di Amerika Serikat, harga penerbangan domestik untuk Natal 2020 telah turun 25% dibandingkan dengan 2019. Penurunannya mencapai rata-rata terendah baru, yakni kira-kira senilai Rp 4 jutaan untuk tiket pulang pergi.

Tentu saja, promo-promo ini bisa berubah saat mendekati musim liburan dan harga mungkin akan kembali naik. Meski begitu, bukanlah itu sangat menggoda?

Nah, jika Anda tetap berencana memanfaatkan promo liburan dan membeli tiket murah yang ditawarkan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

Teliti kebijakan pembatalan

Semua maskapai penerbangan dan hotel sedang berjuang sekarang. Guna mendorong pemesanan, banyak yang tidak hanya menurunkan harga tetapi juga melonggarkan kebijakan pembatalan mereka. Tak sedikit maskapai atau hotel yang tak membebankan biaya pembatalan kepada pelanggan, atau mengubah tanggal perjalanan.

Ilustrasi liburan membawa koper besar. (Pixabay/katyveldhorst)
Ilustrasi liburan membawa koper besar. (Pixabay/katyveldhorst)

Walau demikian, bukan berarti hal ini membuat Anda akan segera mendapatkan refund dari pihak maskapai atau hotel.

"Jika Anda membatalkan perjalanan, Anda kemungkinan besar akan menerima voucher untuk perjalanan di masa mendatang, dan bukan uang Anda yang sebenarnya kembali," ungkap Ted Rossman, analis industri CreditCards.com.

Jadi, kalau Anda setuju dengan voucher yang bisa digunakan di masa depan, silakan memesan tiket dari sekarang.

Waspadai klaster penyebaran virus corona

Situasi seputar pandemi terus berkembang. Jadi perlu diingat bahwa selalu ada kemungkinan wilayah yang Anda pikir aman, di masa depan rupanya mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang tidak terduga.

Juga, perhatikan bahwa ada sejumlah protokol kesehatan yang mesti Anda ikuti ketika penerbangan, ataupun di tempat-tempat wisata yang bakal didatangi.

Ilustrasi menggunakan masker saat traveling. (Pixabay/Gabriele Lässer)
Ilustrasi menggunakan masker saat traveling. (Pixabay/Gabriele Lässer)

Perhatikan protokol kesehatan yang diterapkan

Keputusan untuk bepergian di masa pandemi ini bersifat pribadi dan keputusan untuk memesan tiket murah dan memanfaatkan promo liburan tentu juga ada di tangan Anda.

Menurut Mollie Krengel, pendiri Wild Bum, situs online panduan perjalanan yang dikurasi, banyak orang tanpa risiko kesehatan yang besar merasa nyaman memesan perjalanan untuk liburan saat ini. Namun, Anda harus membuat keputusan berdasarkan tingkat kenyamanan Anda.

Soal perjalanan udara, dia merekomendasikan memilih maskapai penerbangan yang melakukan protokol pembersihan dengan baik.

"Sebagian besar akomodasi juga mengambil tindakan pencegahan ekstra, tapi tak ada salahnya untuk mencari tahu sendiri informasi ini," tuturnya. (*Vania Rossa)

Terkait

Terkini