Rabu, 25 November 2020

Liburan di Tengah Pandemi? Simak 5 Tips Berikut Ini Sebelum Putuskan Pergi

Demi cegah penularan virus corona Covid-19, yuk lihat tips aman liburan di tengah pandemi berikut ini.

Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi liburan. (Pixabay/katyveldhorst)
Ilustrasi liburan. (Pixabay/katyveldhorst)

Guideku.com - Rasa bosan pasti menyelimuti banyak orang, sebab di tengah pandemi ini agenda berlibur banyak yang terpaksa ditunda. Bagi Anda yang ingin menikmati liburan di tengah pandemi, sebaiknya perhatikan beberapa hal dan selalu waspada.

Beberapa destinasi wisata telah dibuka kembali, dan sejumlah kebijakan sudah dilonggarkan. Kendati demikian, Anda tetap harus berhati-hati karena kasus virus corona Covid-19 masih cukup mengkhawatirkan di Indonesia. 

Selain mematuhi protokol kesehatan, ada beberapa hal yang wajib kalian perhatikan sebelum pergi menikmati liburan bersama keluarga.

Berikut beberapa tips liburan aman di tengah pandemi yang telah kami rangkum dari laman Mayoclinic.org, Senin (19/10/2020).

 

Ilustrasi hotel. (Pixabay)
Ilustrasi hotel. (Pixabay)

Belakangan, sejumlah hotel dan penginapan telah kembali buka menyambut era new normal. Tidak sedikit pula, hotel dan penginapan yang telah mengikuti kebijakan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona Covid-19.

Agar semakin nyaman, kalian bisa cek prosedur protokol kesehatan apa saja yang sudah diterapkan pihak hotel terlebih dahulu.

Informasi ini tentu saja dapat kalian dapatkan dengan mudah melalui aplikasi perjalanan atau website resmi mereka.

 

Ilustrasi liburan. (Unsplash/Clarisse M)
Ilustrasi liburan. (Unsplash/Clarisse M)

Belum lama ini, beberapa destinasi wisata diketahui sudah menerapkan protokol kesehatan. Namun ada baiknya, sebelum berangkat ke beberapa destinasi wisata, cari informasi lengkapnya terlebih dahulu ya.

Lebih baik lagi, jika daerah tersebut menawarkan aplikasi informasi mengenai lokasi wisata seperti contohnya saja di Yogyakarta.

Sebelum mengunjungi beberapa destinasi, wisatawan diwajibkan mengunduh aplikasi Jogja Pass dan juga Visiting Jogja.

Melalui aplikasi ini, data wisatawan akan dengan mudah tercatat, dan travelers bisa lebih aman serta nyaman melakukan pemesanan tiket di sejumlah destinasi wisata secara online.

 

Ilustrasi murid sekolah traveling (Pixabay/Adolesco)
Ilustrasi  traveling (Pixabay/Adolesco)

Liburan di tengah pandemi bukan sesuatu yang disarankan, namun jika memang terpaksa harus pergi kalian wajib mempersiapkan banyak hal.

Coba buat daftar perlengkapan traveling yang akan dibawa, mulai dari masker lengkap dengan cadangannya, hand sanitizer, tisu dalam jumlah banyak.

Akan lebih baik lagi, jika saat pergi kalian membawa alat makan pribadi sendiri, seperti misalnya sendok, garpu, sumpit dan juga sedotan.

 

Liburan di Tengah Pandemi? Simak 5 Tips Berikut Ini Sebelum Putuskan Pergi - 4

Demi meminimalisir bahaya penularan virus corona Covid-19, travelers sangat disarankan untuk berpergian menggunakan kendaraan pribadi.

Namun misal terpaksa harus naik transportasi umum, jangan lupa untuk selalu kenakan masker dan rajin mencuci tangan Anda menggunakan sabun atau hand sanitizer.

 

Ilustrasi bahagia
Ilustrasi bahagia

Tak perlu jauh-jauh ke luar kota, sebenarnya di beberapa wilayah terdapat destinasi yang menarik untuk disambangi.

Selain lebih aman, kalian tentu saja tidak akan terlalu capek menempuh perjalanan jauh untuk menikmati liburan. Cek juga apakah destinasi wisata yang akan kalian kunjungi sudah menerapkan protokol kesehatan atau belum.

Alangkah lebih baik lagi, jika travelers memilih wisata di tempat terbuka dan jauh dari kerumunan. Tak hanya pikiran dan mata saja yang fresh, liburan jadi lebih terasa aman serta nyaman bukan?

Nah, itu dia tadi 5 tips liburan aman di tengah pandemi. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk kalian dan keluarga ya.

Ingat liburan tak harus berpergian, kesehatan tetap jadi yang utama! Jika memang kondisi tubuh sedang kurang fit, kalian bisa menghabiskan waktu long weekend juga dengan bersantai bersama keluarga di rumah. 

Terkait

Terkini