Sabtu, 23 Januari 2021

Pesona Air Terjun Tumpak Sewu, Wisata Alam Eksotis bak Jurassic Park

Air terjun ini memiliki pemandangan yang menawan. Rute yang terjal akan terbayar lunas dengan pemandangannya.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
cloud_download Baca offline
Air Terjun Tumpak Sewu (Google Maps)
Air Terjun Tumpak Sewu (Google Maps)

Guideku.com - Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Banyak sekali destinasi wisata alam yang mampu membuat setiap orang yang berkunjung kagum.Salah satu wisata alam yang cukup ramai dibicarakan adalah Air Terjun Tumpak Sewu.

Air Terjun Tumpak Sewu ini terletak di antara dua daerah yaitu di Lumajang dan Malang, Jawa Timur.

Air terjun menawan tersebut belakangan ramai dibicarakan saat sebuah akun Twitter @wapres2024 membagikan potret mengagumkan dari pesona alam ini. 

Pada foto yang dibagikan ke publik, Air Terjun Tumpak Sewu terlihat menawan bak pemandangan di film Jurassic Park.

Air Terjun Tumpak Sewu (Twitter @wapres2024)
Air Terjun Tumpak Sewu (Twitter @wapres2024)

Tak hanya sekedar air terjun biasa, Air Terjun Tumpak Sewu memiliki latar Gunung Semeru dan juga Gunung Bromo.

Hutan hijau yang mengelilingi Air Terjun Tumpak Sewu juga menambah asri pemandangan. Tak heran tempat ini disebut mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada di Amerika Utara.

Air Terjun Tumpak Sewu ini juga memiliki kumpulan mata air yang membentang menyerupai tirai. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter. Tempat ini juga berada di lembah curam memanjang pada elevasi 500 meter.

Air Terjun Tumpak Sewu (Google Maps)
Air Terjun Tumpak Sewu (Google Maps)

Pengunjung dapat datang ke Air Terjun Tumpak Sewu setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Harga tiket masuknya pun sangat ramah di kantong.

Satu tiket masuk ke destinasi wisata menakjubkan ini hanya dibanderol Rp 10 ribu. Sedangkan untuk biaya parkir motor sebesar Rp 5 ribu dan parkir mobil Rp 10 ribu.

Unggahan tentang keindahan Air Terjun Tumpak Sewu ini mencuri banyak perhatian dari warganet. Hingga Kamis (10/12/2020), unggahan tersebut telah menjadi viral dan mendapat lebih dari 2 ribu tweet dan lebih dari 13 ribu likes.

Air Terjun Tumpak Sewu (Google Maps)
Air Terjun Tumpak Sewu (Google Maps)

"Jangan sampe ada spot foto bentuk hati di sini ya," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut mengomentari foto yang viral ini. "Pernah ke sana dan turun ke bawah pakai tali karena pas itu Tumpak Sewu baru banget dibuka. Emang bagus banget parah. Kebayar ngerinya pas turun ke bawah," ujar warganet yang memberikan testimoni.

"Ada dua jalur kalau mau ke sini. Lewat Goa Tetes dari Lumajang pemandangannya bagus. Tracking satu jam. Tapi sekarang udah nggak disarankan karena bahaya. Jalur Malang nanti bakal ada tangga, lebih cepat, tapi ngeri juga," ungkap seorang warganet memberi penjelasan.

Terkait

Terkini