Terbang ke Bandara yang Salah, Maskapai Nepal Ini Kejutkan 69 Penumpang

Sebanyak 69 penumpang maskapai Buddha Air turun di bandara yang salah. Hal ini terjadi karena adanya miskomunikasi antar petugas maskapai.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
Selasa, 05 Januari 2021 | 18:00 WIB
Ilustrasi Pesawat. (pixabay.com/Hiljon)

Ilustrasi Pesawat. (pixabay.com/Hiljon)

Guideku.com - Sebuah maskapai penerbangan di Nepal melakukan penerbangan ke bandara tujuan yang salah. Penerbangan Buddha Air U4505 tersebut lepas landas pada 18 Desember 2020 silam.

Penerbangan domestik ini mengangkut 69 penumpang kala itu. Melansir dari The Independent, penerbangan ini terbang sedikit terlambat akibat cuaca yang buruk.

Buddha Air sempat mengubah nomor penerbangan di sekitar dan menetapkan kembali penumpang yang menuju Janakpur. Penumpang Buddha Air U4505 kemudian diterbangkan sekitar pukul 3 sore waktu setempat.

Baca Juga: Inspirasi Menu Tahun Baru 2021, Ini Resep Bolu Marble

Pesawat tersebut harusnya terbang menuju Janakpur di tenggara Nepal. Namun, 69 penumpang ini malah turun di Pokhara, Nepal tengah. Ya, pesawat tersebut membawa mereka ke tujuan yang salah.

Rupanya, staf lapangan memindahkan 69 penumpang penerbangan U4505 ke penerbangan U4607 yang sebenarnya telah diizinkan untuk terbang ke Pokhara oleh petugas lalu lintas udara.

Buddha Air. [Screenshot]
Buddha Air. [Screenshot]

Kesalahan ini diduga kuat karena adanya kelalaian pada petugas penerbangan. Pilot Buddha Air tidak diberi tahu tentang perubahan nomor penerbangan dan tak melihat manifes penumpang.

Baca Juga: Tak Lagi Horor, Rumah Kentang Bandung Kini Disulap Jadi Restoran Hits

Saat penerbangan, seorang kru pesawat mengumumkan dalam penerbangan bahwa pesawat akan menuju Janakpur. Meski terkejut, penumpang tak bisa melakukan apapun karena pesawat telah lepas landas.

Mantan direktur jenderal Otoritas Penerbangan Sipil Nepal, Tri Ratna Manandhar, mengatakan insiden itu terjadi karena miskomunikasi, bukan karena kesalahan keselamatan.

"Ini bukan bagian dari penyimpangan keselamatan tetapi penyimpangan yang serius di pihak manajemen," kata Tri Ratna Munandhar.

Baca Juga: Ngide Buat Floating Breakfast Tanpa Nampan, Lelaki Ini Sukses Buat Ngakak

Menurt Tri, kejadian ini merupakan penyimpangan serius dari pihak manajemen. Penyimpangan ini dapat membuat penumpang merasa tidak nyaman dan maskapai juga harus menanggung kerugian.

Penumpang Buddha Air U4505 kemudian diterbangkan ke bandara tujuan yang benar di hari yang sama.

Sementara, Managing Director Buddha Air Birendra Bahadur Basnet mengakui kesalahan ini berada pada pihaknya. Pihak Buddha Air pun telah membentuk sebuah komite untuk menyelidiki kejadian ini.

Baca Juga: Ini Resep Jagung Bakar Pedas Manis, Cocok untuk Tahun Baru!

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak