Pulau-pulau yang Wajib Kamu Kunjungi jika Traveling ke Labuan Bajo

Labuan Bajo telah berkembang dari sebuah desa menjadi sebuah kota yang tumbuh pesat, berkat jumlah wisatawan yang terus meningkat. Beragam aktivitas terkait alam membuatnya menjadi tujuan populer.

Saputra Nanda
Rabu, 08 November 2023 | 10:30 WIB
Labuan Bajo mengalami perkembangan signifikan dari sebuah desa ke kota yang berkembang dengan cepat, berhubung terus meningkatnya jumlah wisatawan. Pesona alam yang beragam juga menjadikannya tujuan wisata yang diminati. (IG: pesona.indonesia)

Labuan Bajo mengalami perkembangan signifikan dari sebuah desa ke kota yang berkembang dengan cepat, berhubung terus meningkatnya jumlah wisatawan. Pesona alam yang beragam juga menjadikannya tujuan wisata yang diminati. (IG: pesona.indonesia)

Guideku.com - Labuan Bajo telah berkembang dari kelurahan ke kota yang berkembang pesat berkat jumlah wisatawan yang terus meningkat. Keberagaman aktivitas menarik yang terkait dengan alam dan lanskap Flores telah menjadikan Labuan Bajo tujuan wisata yang populer.

Kondisi geografi Flores yang didominasi oleh perairan telah memungkinkan Labuan Bajo menjadi titik awal perjalanan pulau-pulau sekitarnya melalui kegiatan "island-hopping." Dikutip dari situs travel, artikel ini mengajak Anda untuk menjelajahi pesona Labuan Bajo dan sekitarnya.

Pulau RInca

Baca Juga: Wisata Religi dan Sejarah: Menikmati Keunikan Masjid Lautze 2 di Tengah Kota Bandung

Pulau Rinca, yang merupakan habitat komodo, menyediakan berbagai aktivitas seperti diving, snorkeling, trekking, bersampan, dan memancing.

Pulau ini juga dikenal dengan keberadaan sabana luas yang menjadi tempat tinggal bagi kerbau dan rusa. Untuk mencapai perbukitan pulau dari gapura Taman Nasional Komodo Pulau Rinca, diperlukan trekking selama 30 menit.

Tiket masuk ke Taman Nasional Komodo Pulau Rinca adalah Rp5.000/orang untuk wisatawan lokal pada hari biasa, Rp7.500/orang pada Minggu dan hari libur nasional. Sementara itu, wisatawan asing dikenakan Rp150.000/orang pada hari biasa dan Rp225.000/orang pada Minggu serta hari libur nasional.

Baca Juga: Ide Wisata Musim Kemarau Panjang di Bandung, Mengunjungi Kawah Putih Ciwidey yang Mengering tapi Tetap Estetik

Pulau Padar

Pulau Padar menawarkan beragam aktivitas yang dapat Anda nikmati, termasuk diving, snorkeling, trekking, dan berlayar dengan sampan.

Pulau ini juga telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1991. Dari puncak bukit, Anda bisa menikmati pemandangan "pelana" yang menghubungkan dua bagian pulau.

Baca Juga: 10 Tempat Staycation di Bogor, Harga Sewa Kamar Mulai dari Rp200.000

Jika Anda lebih suka melihat bukit dengan warna hijau, disarankan untuk datang antara Februari hingga Juni, tetapi jika Anda menginginkan bukit dengan warna kekuningan, waktu terbaik adalah antara Juli hingga Desember.

Harga tiket masuknya adalah Rp5.000/orang untuk wisatawan lokal pada hari biasa, Rp7.500/orang pada tiap Minggu dan hari libur nasional. Sedangkan untuk wisatawan asing, tiketnya seharga Rp150.000/orang pada hari biasa dan Rp225.000/orang pada tiap Minggu dan hari libur nasional.

Pulau Komodo

Baca Juga: Tiket Kereta Api untuk Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Sudah Dijual

Pulau Komodo menawarkan beragam aktivitas yang dapat Anda nikmati, seperti diving, snorkeling, trekking, berlayar dengan sampan, dan memancing.

Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo merupakan tempat tinggal bagi ribuan komodo. Selain itu, Anda juga dapat melihat rusa dan babi hutan yang menjadi buruan komodo untuk disantap. Pulau Komodo juga terkenal dengan panorama bawah lautnya yang dihiasi oleh warna-warni batu karang.

Pulau ini memiliki status sebagai Cagar Manusia dan Biosfer sejak tahun 1977, dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. National Geographic juga pernah mencantumkan Pulau Komodo dalam daftar 10 destinasi terbaik dunia pada tahun 2017.

Harga tiket masuknya adalah Rp5.000/orang untuk wisatawan lokal pada hari biasa, dan Rp7.500/orang pada tiap Minggu dan hari libur nasional. Wisatawan asing akan dikenai tarif sebesar Rp150.000/orang pada hari biasa, dan Rp225.000/orang pada tiap Minggu dan hari libur nasional.

Dalam kesimpulan, Labuan Bajo dan pulau-pulau sekitarnya telah menjadi destinasi wisata yang berkembang dengan pesat.

Aktivitas alam yang beragam, seperti di Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Pulau Komodo, telah menarik minat para wisatawan lokal dan asing.

Berita Terkait TERKINI
Inilah deretan tempat wisata Cianjur yang cocok dikunjungi saat musim libur Lebaran....
travel | 11:30 WIB
Beberapa destinasi wisata religi ini cocok dikunjungi saat libur Lebaran....
travel | 11:15 WIB
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Tampilkan lebih banyak